Full Width CSS

Game Populer awal 90-an


            Bermain video game adalah salah satu cara yang cukup ampuh mengusir kebosanan dan rasa lelah. Asal tidak berlebihan, bermain game bisa menjadi hiburan yang juga secara tidak langsung mempengaruhi kreativitas dan imajinasi sang pemain. Jauh sebelum munculnya game yang bisa dimainkan secara bersama (online) seperti counter strike, idol street ataupun point blank, ada beberapa nama game yang menjadi favorit anak-anak dimasanya. Street fighter adalah contohnya, game yang populer diawal tahun 1990-an ini sangat diminati pada masa itu dan hingga sekarang ada beberapa sekuelnya yang telah dirilis.
            Pada permainan ini pemain akan bertarung satu lawan satu dengan karaker yang dikendalikan oleh komputer ('single-player mode') atau bisa juga dengan sesama pemain ('versus mode'). Setiap tingkat terdiri dari 3 ronde yang berdurasi 30 detik. Pemain yang dapat menjatuhkan lawan dengan menghabiskan parameter tenaga lawan lebih dahulu dinyatakan sebagai pemenang. Bila durasi pertarungan habis, maka pemenang ditentukan melalui sisa parameter tenaga yang lebih banyak. Pemenang harus memenangkan pertandingan sebanyak 2 ronde. Jika pemain memenangkan permainan melawan satu karakter komputer, maka pemain akan melawan karakter komputer yang lainnya pada tingkat selanjutnya. Jika pemain kalah, maka akan diberi opsi untuk melanjutkan permainan atau tidak. Pemain lain juga dapat mengintrupsi untuk bertanding melawan pemain yang sedang melawan komputer dengan bermain pada kontrol kedua. Pemain yang menang pada pertandingan tersebut akan melanjutkan pertandingan melawan komputer. Permainan akan usai setelah pemain dapat mengalahkan seluruh karakter dan bos di tingkat akhir.
            Pertarungan distreet fighter diwarnai dengan jurus-jurus tendangan, pukulan dan bantingan yang variatif dan menunjukkan berbagai macam gaya beladiri serta dipadukan dengan jurus-jurus tenaga dalam yang menjadi andalan dari beberapa karakter petarungnya. Berikut adalah karakter yang ada pada Street Fighter II the Championship Edition yang merupakan game kesukaanku juga :
1.         Ryu
Ryu adalah karakter utama game ini bersama saudara seperguruannya Ken Master, dia adalah seorang pemuda Jepang yang misterius yang digambarkan memiliki kekuatan yang luar biasa. Ryu memakai baju putih ala karate dengan ikat kepala dirambutnya. Dia memiliki beberapa jurus andalan seperti bola api, tendangan berputar beberapa kali serta sebuah jurus tinju terbang seperti upper cut yang mematikan. 

2.         Ken Master
Saudara seperguruan Ryu yang berasal dari Amerika Serikat, memiliki karakter yang lebih ceria dibandingkan Ryu. Memakai baju karate berwarna merah dan memiliki jurus yang sama dengan Ryu, kecuali pada jurus bantingan sambil menjatuhkan badan (grounded submission) dimana Ryu hanya berputar satu kali sebelum melemparkan lawannya, sedangkan Ken berputar dua kali sehingga menghabiskan lebih banyak energi lawan.

3.         Guile
Adalah seorang anggota Tentara Amerika Serikat yang memiliki gaya bertarung yang lebih praktis dan aplikatif. Pada edisi film layar lebar, karakter ini menjadi tokoh utama yang diperankan oleh seorang aktor beladiri kenamaan, Jean Claude Van Damme. Guile memiliki beberapa jurus andalan seperti tenaga dalam yang berbentuk sabit dan tendangan putar sambil berbalik 3600 diudara.
4.         Chun Li
Adalah seorang gadis china yang memiliki jurus kungfu yang cepat dan lincah. Dalam versi layar lebar digambarkan bahwa chun li menyimpan dendam kepada Jenderal M. Bison yang telah membunuh orang tuanya. Chun li memiliki tendangan kaki seribu yang mematikan dan dapat melakukan tendangan berputar akrobatik dengan posisi kepala dibawah.

5.         Honda
Adalah seorang pesumo asal jepang memiliki kekuatan yang tangguh dengan jurus tangan seribu yang menguras energi lawan. Honda juga mampu bergerak dengan lincah dan membanting lawan-lawannya. Honda memiliki jurus andalan berupa gerakan menyeruduk yang cepat dan sulit diantisipasi.

6.         Dalsim
Adalah seorang praktisi yoga asal India yang seram dan memancarkan aroma mistis. Dalsim mampu meregangkan kaki dan tangannya seperti karakter manusia plastik pada karakter fantastic four sehingga menyulitkan lawannya untuk mengantisipasi serangan tersebut. Dalsim juga mampu menyemburkan api dari mulutnya.

7.         Blanka
Dalam film layar lebar diceritakan bahwa blanka adalah seorang anggota tentara Amerika yang disandera oleh Jenderal Bison dan dijadikan eksperimen laboratoriumnya. Blanka berubah menjadi makhluk yang menyeramkan. Sementara pada karakter video gamenya, blanka memiliki kekuatan setrum dan gigitan yang susah untuk dilepaskan bila telah terkena olehnya. Blanka juga mampu melentingkan tubuhnya dengan membulatkan badannya seperti bola.

8.         Zangief
Adalah seorang pegulat yang mengandalkan kekuatan fisik dan tidak memiliki jurus tenaga dalam. Serangan zangief sangat berbahaya karena begitu cepat menguras energi lawan terutama kuncian yang disertai bantingan yang dalam 2 kali percobaan saja mampu mematikan lawannya.
9.         Balrog
Adalah seorang petinju afro amerika yang memiliki pertahanan double cover yang sangat rapat dan sulit ditembus oleh lawannya. Balrog memiliki gaya bertinju yang ortodok dan cepat dalam menyudahi perlawanan musuh.

10.      Vega
Seorang matador asal spanyol yang misterius dan selalu memakai topeng, serta memakai cakar buatan mirip dengan yang dipakai karakter musuh Bruce Lee dalam film Enter the Dragon. Vega memiliki kecepatan menyerang yang luar biasa, dan memiliki jurus bantingan yang mematikan yang berawal dari memanjatnya vega keatas pagar kawat untuk kemudian melakukan lompatan sambil mengunci dan membanting lawannya.

11.      Sagat
Seorang mantan juara thai boxer yang merupakan salah satu kepercayaan Bison. Sagat menutup salah satu matanya seperti halnya para bajak laut. Sagat memiliki jurus tenaga dalam yang berbentuk seperti bulan sabit mirip dengan jurusnya Guile serta upper cut yang disertai lompatan tinggi dan mematikan.
12.      M. Bison
Karakter terakhir yang harus dihadapi dalam game ini. Bison memiliki energi listrik yang bisa menguras energi lawan dengan cepat. Bison juga memiliki jurus andalan berupa serudukan yang menyerupai jurus andalan honda tetapi disertai energi listrik yang sulit dibendung oleh lawan-lawannya.
 Bagi yang penasaran main game ini, langsung aja ke TKP disini

               

Posting Komentar

0 Komentar